Ken Setiawan: Pemerintah Tak Serius Tangani Masalah Radikalisme

Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap pembiaran oleh pemerintah terkait penyebaran kelompok radikalisme di Indonesia yang saat ini sudah menyusup di semua lini masyarakat, bahkan kalangan ASN dan aparat TNI/ Polri ditenggarai sudah banyak banyak yang terpapar.

Ken menyebut bahwa antara Kementrian dan Lembaga terkait masih ada ego sektoral, jadi tidak ada sinergitas dalam menangani permasalahan radikalisme, sehingga penyebaran intoleransi dan radikalisme tak terbendung.

Sementara ini penanggulangan radikalisme cenderung dibebankan ke BNPT, sementara pimpinan BNPT sendiri menurut Ken masih gamang mau melangkah karena tidak didukung regulasi terkait pelarangan paham kelompok radikal.

Jika memang pemerintah serius dan concern terhadap permasalahan intoleransi dan radikalisme maka langkah pertama yang harus dan segera dilakukan adalah dibuatkan Perpres atau PERPPU pelarangan ajaran-ajaran radikalisme seperti NII, Salafi Wahabi dan juga ideologi transnasional yang mengancam Pancasila serta menyulut perpecahan NKRI.

Jika tidak, maka jangan berharap kelompok intoleransi dan radikalisme atas nama agama bisa dibendung, justru yang ada adalah potensi perpecahan di antara masyarakat tinggal menunggu bom waktu. Tutup Ken.

Related Posts